9/10/09

Harapan Saya Setelah Lulus Sarjana Komputer

Banyak harapan atau impian yang saya impikan. Karena mimpi adalah salah satu cara menjadi orang yang sukses. Sudah saya pikirkan dengan apa yang saya impikan, semenjak saya duduk di bangku kuliah banyak impian yang tergantikan. Misalnya saja waktu dulu saya semenjak SMA saya ingin menjadi arsitek, tetapi setelah saya pikirkan lagi kalau jadi arsitek harus mempunyai banyak modal yang harus di keluarkan pada saat kuliah nanti,seperti pembuatan maket, papan gambar, dan lain-lain. Oleh karena itu, saya ingin masuk ke jurusan Teknik Informatika. Karena hanya diperlukan laptop atau notebook, komputer dan jaringan internet itu pun sudah cukup bagi saya untuk mengikuti kegiatan kuliah hingga lulus nanti.

Setelah saya lulus nanti saya ingin langsung melanjutkan ke S2 sambil bekerja menjadi dosen tidak tetap mungkin di Universitas Mercu Buana, juga sambil menjalankan bisnis berkaitan dengan informatika. Saya juga menginkan menjadi Data Base Administrator, nantinya saya ingin mengambil sertifikasi OCA(Oracle Certified Associate)dan OCP (Oracle Certified Professional). Salah satu inspirasi saya ingin menjalankan bisnis, saya terinspirasi oleh buku yang berjudul "The Cashflow Quadrant" dikarang oleh Robert T.Kiyosaki. Ada 4 Quadrant orang dalam mencari uang :

1. E (Employee) yaitu pegawai

Contoh seorang “E” :

Sebagai contoh umum yaitu seorang karyawan perusahaan. Apabila seorang karyawan perusahaan tidak bekerja misalkan sakit atau sudah usia lanjut, maka seorang karyawan tersebut tidak mendapatkan gaji atau penghasilan dari perusahaannya.

2. S (Self-Employee) yaitu pegawai lepas

Contoh seorang “S” :

Sebagai contoh yaitu seorang dokter. Apabila seorang dokter tidak bisa membuka praktek karena alasan kesehatan atau umur, maka seorang dokter tidak mendapat penghasilan.

3. B (Business Owner) yaitu pemilik usaha

Contoh seorang “B” :

Sebagai contoh seorang pemilik perusahaan misalkan pemilik waralaba ayam goreng (KFC). Apabila pemilik waralaba tersebut pergi ke luar negeri selama 1 -2 bulan, maka bisnisnya terus berjalan dan menghasilkan uang karena telah memiliki sistem yang terbukti dapat berjalan dengan sistem dan karyawannya.

4. I (Investor) yaitu penanam modal

Contoh seorang “I” :

Sebagai contoh seorang deposan. Sama seperti seorang ”B”, yaitu ketika seorang deposan ingin meninggalkan bisnisnya dalam waktu yang lama, maka bisnisnya tetap dapat berjalan karena aset-lah yang bekerja untuknya.

Lalu dibagi lagi menjadi 2 bagian yaitu Kuadran kiri dari 1 sampai 2 adalah tipe orang yang bekerja terus tanpa aset. dan Kuadran kanan 3 sampai 4 adalah tipe orang yang bekerja dan mempunyai aset. Dan saya ingin menjadi tipe 3 atau 4. Tapi pada dasarnya saya ingin sekali menjadi tipe orang yang ke 3, tanpa saya bekerja pun saya mempunyai uang terus karena aset yang menjalankan bisnis saya. Saya ingin merubah paradigma berpikir saya ke arah kuadran kanan.

KUADRAN KIRI : semakin kaya, semakin sibuk dan finansial.

KUADRAN KANAN : semakin kaya, semakin bebas waktu dan bebas finansial.

Saya pernah melihat seminar tentang bisnis masalah paradigma dalam menghasilkan uang, ada dua paradigma :

1. Paradigma yang pertama yaitu paradigma umum, paradigma ini menjelaskan orang yang bekerja untuk mencari penghasilan. Dari penghasilan tersebut bisa terwujudnya rencana masa depan. Tetapi bila tidak bisa bekerja misalkan orang tersebut sakit, lalu penghasilan akan tidak ada, maka rencana masa depan akan menjadi tanda tanya besar???. Umumnya banyak orang yang melakukan pekerjaan seperti ini, jika tidak bekerja maka tidak ada penghasilan yang didapat.

2. Paradigma yang kedua yaitu paradigma sukses, paradigma ini menjelaskan orang yang bekerja untuk membangun aset. Dari aset ini menghasilkan penghasilan yang digunakan untuk rencana masa depan. Jika orang tersebut tidak bekerja misalkan sakit, maka aset yang akan menghasilkan penghasilan. Jadi walaupun tidak bekerja bisa mendapat penghasilan. Tetapi aset ini harus dibangun dengan bekerja, misalkan berbisnis menjadi bisnis owner.

Dari paradigma tersebut, saya langsung menjadikan impian saya menjadi bisnis owner bergerak di bidang informatika. Langkah-langkah yang ingin saya capai, pertama dimulai dari bisnis penjualan dan suplier komputer yang ingin saya jadikan menjadi franchise. Dan saya memikirkan impian yang besar, saya ingin mempunyai perusahaan besar Operating System, Software dan Hardware yang mampu menyamakan perusahaan yang sudah besar namanya seperti Microsoft, Sun, Oracle, dan lain-lain. Itulah impian saya setelah lulus dari sarjana komputer, saya minta ma'af bila ada kesalahan ataupun pihak-pihak yang dirugikan dari penulisan saya.

4 comments:

  1. woiiii ki...
    settttt....impian lo berubah mulu...
    kayak bunglon..^^
    tapi impian berubah itu akan jd knyataan..klo emang uda niat...
    so,,,smoga sukses...
    kapan2 gw mau dah jd mahasiswa lo di universitas mana aja gak di mercu aje,,^^
    semangat yoooo

    ReplyDelete
  2. selamat untuk mimpi2 yang dwiki punya,,,karena kesuksesan berawal dari mimpi,,dan jangan cuma mimpi, tapi wujudkan dengan tindakan nyata, jangan sampai itu hanya angan2 belaka,,dan semoga anak kampus berfikiran luas dengan ide2 barunya dan tidak patah semangat,,,,sukses selalu

    ReplyDelete
  3. Salut...
    Sekarang sudah lulus ya..?
    Sekarang memilih jalan mana?

    ReplyDelete