Pages

10/2/09

Arah Teknologi di Masa Depan dan Antisipasinya











Teknologi di masa depan akan sangat canggih bila dibandingkan dengan teknologi pendahulunya. Di dunia IT(Information Technology) banyak sekali perubahan yang akan terjadi. Misalkan saja terdapat komputer yang sangat canggih tapi ukurannya sangat kecil (Portable) yang akan menjadi chip untuk di pasang di sebuah alat. Jadi alat yang dipasang chip menjadi sebuah komputer, alat tesebut juga kecil ukurannya. Dan alat tersebut memancarkan sebuah sinar menjadi layar yang dapat disentuh berbentuk hologram. Jadi mouse dan keyboard tidak digunakan lagi. Mungkin bentuknya seperti pada gambar.

Saya mempunyai pemikiran imajinasi bila sewaktu nanti akan ada web visualisai seperti yang ada di film The Matrix. Kita bisa bertemu banyak orang dengan diam ditempat, sisemnya menggunakan web. Jadi tanpa disadari seperti menggunakan webcam, tetapi dalam hal ini saya imajinasikan menggunakan kacamata untuk melihat dan terhubung otomatis ke syaraf-syaraf tubuh kita untuk menggerakan tubuh kita di dunia visualisasi. Kalau di film The Matrix bisa saling bunuh membunuh, tetapi dalam hal ini tidak akan bisa saling bunuh membunuh. Seluruh dunia bisa terhubung karena adanya koneksi internet, misalkan bisa digunakan untuk rapat, silahturahim jarak jauh, dan lain-lain. Intinya kita bisa menjalin silahturahim biarpun jarak sangat jauh.

Banyak hal yang bisa di imajinasikan, tapi untuk mengantisipasikan dalam berkembangnya IT sangat cepat adalah bagaimana kita bisa mengambil langkah yang tepat dalam mengikuti perkembangan IT. Jangan sampai salah memilih dalam mengambil keputusan, misalkan kita ahli di bidang tertentu harus terus menekuni di bidang tersebut. Tidak semua orang bisa menekuni di semua bidang khususnya IT, hanya sedikit orang yang bisa memepelajari semua bidang. Bila sudah terjun di dunia IT harus bisa mengikuti perkembangan yang ada dan harus pintar memilih bidang mana yang harus dipelajari atau ditekuni.

No comments:

Post a Comment