10/23/09

Kasus Microsoft di Eropa dan Apa yang Harus Dilakukan Terhadap Kecurangan


Tiga web browser paling populer yang bersaing di pasaran. (GETTY IMAGES)

Banyak kasus-kasus yang dilakukan oleh pihak Microsoft di Eropa, yang menjadi berita utamanya adalah masalah kasus antitrust yang menjadikan perusahaan Microsoft harus membayar denda akibat dari sistem operasinya terbundel oleh software browser dan media playernya. Pada tahun 2004, Microsoft didenda 613 juta dollar oleh komisi Eropa karena dianggap telah melanggar hukum antitrust mereka dan Microsoft kemudian membayar denda 613 juta dollar, namun terus menunda dalam memberikan informasi ke Komisi Eropa (kalau rahasia perusahaan di kasih tahu, Microsoft sedikit ogah-ogahan). Karena Microsoft terlalu lama mengulur waktu, pada bulan juli lalu Komisi Eropa memberikan tambahan denda sebanyak 350 juta dollar ke Microsoft.

Akhirnya pun Microsoft mendistribusikan sistem operasi terbarunya nanti yaitu Windows 7 tidak dibundel lagi software browser dan media player. "Kami berkomitmen meluncurkan Windows 7 di Eropa bersamaan dengan peluncuran di belahan dunia lain. Namun kami juga harus mengikuti undang-undang kompetisi Uni Eropa dan menyesuaikan dalam produk kami," ulas Wakil Presiden + jenderal deputi konsul Microsoft, Dave Heiner.

"Berdasar pemberian penundaan proses legal, kami memutuskan ketimbang memasukkan IE dalam Windows 7, kami meimilih menawarkan terpisah dan tetap dalam basis mudah-diinstal, baik untuk komputer manufaktur dan perorangan," lanjut Heiner lagi.

Dalam memonya yang asli ditambahkan juga, "Pabrik PC dapat memilih menginstal sebuah browser alternatif pengganti IE 8, dan selalu dalam setiap kasus, mereka dapat menginstal bermacam browser jika menghendaki".

Oleh karena itu, dari komisi lanjutan di Eropa menawarkan ke pihak Microsoft agar pada setup penginstalan awal diberi pilihan browser utama.

"Detail penting pendekatan ini butuh untuk dikordinasikan lebih lanjut dengan Komisi, mengingat mereka memiliki dampak langsung dalam pabrikan komputer dan perusahaan-perusahaan mesin browser, dimana kepentingan masing-masing akan berbeda," ulasnya Heiner memberikan respon. "Kami tidak meyakini memberi kerumitan dan kesukaan bersaing merupakan hal terbaik bagi kami," ulasnya lagi.

Ini di Eropa, bagaimana dengan di Amerika dan Asia?. Nantinya para pengguna Windows 7 masih terjebak menggunakan Windows 7 versi standar yang terbundel dengan IE, Windows Media Playernya, dan fitur-fitur lainya.

Kasus-kasus tersebut memberikan banyak pelajaran terhadap kita apabila sewaktu-sewaktu ingin mempromosikan produk ke Eropa maupun ke manca negara.


Apa yang Harus Dilakukan Terhadap Kecurangan

Dalam kasus kecurangan IT sangatlah bisa merugikan orang lain yang terkena dampaknya. Kecuarangan pasti merugikan jangankan hanya melakukan hal kecil yang secara tidak sengaja telah merugikan orang lain, hal tersebut bisa menjadi kecurangan.

Beberapa perilaku seseorang bisa terkena dampak dari kecurangan, sebagai berikut :
- kelalaian atau tidak telitinya seseorang di dalam melakukan perjanjian kontrak
- ketidak ketahuan seseorang tentang peraturan-peraturan yang ada juga di dalam perjanjian kontrak
- konspirasi
- monopoli

Beberapa hal yang mendorong terjadinya kecurangan, sebagai berikut :
- persaingan antar vendor atau pemilik project
- pengawasan yang longgar terhadap peraturan yang ada, misalkan ada juga tidak ditindak lanjuti (peraturan karet)
- kelangsungan usaha project untuk terus menerus dilaksanakan atau project berkala
- nilai kontrak tinggi, yang memungkinkan bisa dilakukan korupsi terhadap data yang ada atau dimanipulasikan dari barang yang murah dijadikan mahal
- kekuasaan yang dimiliki seseorang untuk melakukan sesuatu dan bawahan pasti ikut apa yang dikatakan pemimpinnya

Di atas merupakan hanya beberapa saja sebagai gambaran agar selanjutnya jangan sampai ada kecurangan lagi di dunia IT. Semua yang dilakukan pasti akan dicatat oleh para malaikat, yang akhirnya nanti akan dihitung apakah melakukan hal yang baik ataukah buruk. Bila banyak yang baik maka akan mendapatkan hal yang baik, bila buruk maka akan mendapatkan hal yang buruk. Sekecil apapun yang dilakukan pasti akan dibalas sesuai apa yang dilakukan.


sumber : - http://www.g2glive.com/index.php?m=news.detail&id=1430
- http://www.republika.co.id/berita/56018/Bundel_Windows_7_Minus_IE
- Kuliah Pertemuan 5 Komputer Masyarakat Rabu Jam 08.00 Universitas Mercu Buana

3 komentar:

Adamz on October 23, 2009 at 3:32 PM said...

BegituLah kLo suatu perusahaan ingin mendapatkan untung.aPapun cra ny akan diLakukan,waLaupun itu curang..

mbahdien on October 24, 2009 at 6:10 AM said...

sebagai karyawan aku nggak mudeng masalah kontrak2. Tlg mas kasih contoh dokumen kontrak IT, siapa tahu jadi bos biar nggak gampang ketipu gitu.

musik on October 26, 2009 at 3:17 PM said...

Dwiki aku sangat tertarik dengan tampilan baner blog warna dan gaya tulisannya sangat cocok sekali...SUKSES..untuk anda DWIKI...!

Post a Comment

 

Teknik Informatika Universitas Mercu Buana Jakarta, Dwiki Jatikusumo