Pages

12/2/09

Apa sih rencana strategis untuk saya dalam kehidupan…?



Rencanakan dengan sebaik mungkin untuk menuju kehidupan yang baik untuk kedepannya nanti. Hal tersebut merupakan paling menentukan untuk menjadi apa diri kita kedepannya. Dari hal yang sekecil pun harus direncanakan sebaik mungkin, karena dari hal yang terkecil tersebut menjadi bepengaruh besar dalam tujuan kehidupan kelak.

Dalam kehidupan sehari-hari diperlukan semangat yang gigih untuk membangun rencana strategis yang matang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal-hal yang saya lakukan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai :
1. Mempunyai nilai tambah dalam diri untuk menjadi pribadi yang sukses
2. Mengambil kesempatan peluang sekecil apapun
3. Belajar untuk tidak menyalahkan orang lain
4. Belajar untuk selalu memberi atau sedekah kepada yang berhak
5. Memberikan keuntungan pada diri sendiri dan orang lain
6. Selalu berpikir terbuka
7. Selalu berkata positif dan berpikir positif nantinya pasti kegiatan yang dilakukan juga positif
8. Mempunyai impian untuk mencapai tujuan
9. Kejelasan apa yang dikerjakan dari impian yang ingin dicapai
10. Memilih sesuatu yang suka untuk dikejakan baru memilih yang mudah untuk dikerjakan
11. Bila mengalami kegagalan maka harus menjadi pelajaran agar kedepannya meraih kesuksesan dengan baik
12. Harus terus belajar dan berkesempatan kontribusi untuk bangsa dan Negara serta untuk alam semesta

Di atas merupakan suatu rencana startegis untuk mencapai tujuan yang saya inginkan. Sebagai contoh, setelah saya lulus S1, saya ingin menjadi dosen yang bekualitas. Langkah-langkah perencanaannya :
1. Pertama-tama saya harus mengikuti apa yang saya tulis di atas beberapa hal yang harus dilakukan agar tercapainya tujuan
2. Mempunyai kemampuan di bidang yang khusus, misalkan bahasa pemrograman java dan data base atau basis data
3. Mempunyai sertifikat mengenai kemampuan bahasa pemrograman java dan data base
4. Mempelajari bagaimana cara mengajar dengan benar
5. Melakukan pembelajaran interaksi yang baik dengan mahasiswa

Hal ini menjadi perencanaan strategis untuk bagi saya pribadi dan bisa dipelajari untuk orang lain, serta untuk membagi ilmu yang saya sudah pelajari dari sejak TK, SD, SMP, SMA sampai kuliah yang saya sedang jalankan. Semoga bermanfat untuk orang banyak dan sukses selalu.

1 comment: