Pages

10/11/09

Windows XP Mode

Apakah masih berpikir ulang untuk migrasi ke Windows 7 RC? Khawatir dengan kemungkinan tidak jalannya aplikasi yang sudah biasa dipakai bila migrasi sistem operasi ke Windows 7?

Jangan khawatir, dalam Windows 7 – Microsoft sudah resmi mengumumkan kehadiran Windows XP Mode. Pengguna Windows 7 edisi Pro, Ultimate, dan Enterprise dapat menikmati Windows XP dan aplikasi Windows XP dengan teknologi virtualisasi. Windows XP Mode merupakan pengembangan dari Virtual PC dan mengadopsi teknologi virtualisasi yang diimplementasikan pada Hyper-V.

Fitur ini juga memungkinkan aplikasi Windows XP (yang telah terinstall dalam Windows XP Mode) dijalankan dari desktop Windows 7 seolah-olah aplikasi yang terinstall dalam Windows 7. Fitur ini mirip dengan apa yang biasa kita lakukan dengan Windows Server 2008 Terminal Services Remote Application.

Bagi yang berada dalam skala korporasi, disarankan untuk menggunakan Microsoft Enterprise Desktop Virtualization (MED-V) yang merupakan bagian dari Microsoft Desktop Optimization Pack untuk optimalisasi manajemen Virtual PC.

Lebih baik kita lihat langsung fitur apa yang ada dalam Windows XP Mode dengan mencoba langsung fitur ini.

clip_image002

  • Kedua pastikan hardware yang digunakan sudah mendukung Hardware Assisted Virtualization. Fitur ini disetting dalam BIOS.

clip_image004

  • Ketiga Unduh Virtual PC Beta dan Windows XP Mode Beta disini.
  • Install, kemudian jalankan Virtual Windows XP

clip_image006

  • Nanti akan diminta untuk melakukan setting password Windows XP dan konfigurasi Update dari Windows XP.

clip_image008 clip_image010

  • Windows XP Mode juga memiliki fitur integrasi yang memungkinkan integrasi folder (mengakses folder popular Windows 7 seperti: My documents, Pictures, Desktop, Music, dan Video dari dalam Windows XP Mode), Clipboard Sharing (cut dan paste antara Windows 7 dan Windows XP Mode), dan Print Redirection (print langsung dari aplikasi Windows XP Mode atau Windows XP Mode itu sendiri).

clip_image012 clip_image014

  • Virtual Windows XP akan membuat sebuah instance baru dari Virtual Machine dengan metode differencing VHD, dalam kasus saya dengan parent disk “C:\Users\narenw\AppData\Local\Microsoft\Windows Virtual PC\Virtual Machines\Virtual Windows XP.vhd” dari dan dibuat di “C:\Program Files\Virtual Windows XP\Virtual Windows XP.vhd”. Parent disk tidak dibuat dari scratch, melainkan sudah ada dalam update yang diunduh pada step ketiga.

clip_image016

  • Rekan sudah bisa menikmati Virtual Windows XP dalam instalasi Windows XP seperti gambar berikut ini:

clip_image018

Seamless Application

Satu fitur yang paling dahsyat adalah fitur yang memungkinkan publish dan launch aplikasi yang terinstall di Windows XP secara langsung dari desktop, seolah-olah aplikasi yang terinstall di Windows 7 itu sendiri.

image

Seperti yang bisa lihat disini, running Internet Explorer 8 side by side dengan Internet Explorer 6 dari Windows XP Mode. Tidak tampak bila sebenarnya IE 6 tersebut running dari XP Mode.

clip_image022

USB Support

Integrasi antara hardware dan dukungan USB, hal ini memungkinkan pengguna dengan mudah untuk piranti USB yang terkoneksi dengan hardware Windows 7 secara langsung dari Windows XP. Piranti tersebut termasuk printer, scanner, flash memory, external hard disk, kamera digital, dll. Pengguna pun dapat langsung melakukan printing dari Windows XP Mode.

image

Silahkan klik disini untuk detail informasi dan dapat mengunduh paduan evaluasi Virtual PC Beta.

No comments:

Post a Comment