Pages

10/11/09

Bidang Profesi IT yang Hilang, Bertahan dan Bermunculan

Profesi IT banyak jenisnya dan semua itu berkembang karena hasil perkembangan software dan hardware komputer yang ada. Banyak sekali profesi IT yang ada, tidak semua saya sebutkan. Hanya ada beberapa yang saya contohkan berikut ini :
1. DB Administrator
2. Web Developer
3. Programmer
4. Data Analyst
5. Network Engineer
6. Linux Administrator
7. Lotus Notes Developer
8. Network Administrator
9. Consultant of Talent Management
10. Data Warehouse Consultant
11. IT Security Officer
12. Software Engineer
13. System Analyst
14. IT Trainer
15. Web Analyst
16. IT Audit
17. Data Controler
18. Data Analyst
19. Quality Assurance, dll.

Profesi yang mungkin akan hilang di bidang IT menurut saya, bagian profesi IT yang hanya berkarir untuk satu hal saja tidak mengembangkannya lagi. Bila hanya bergerak di tempat yang sama, maka tidak akan berkembang. Misalkan Web programer yang hanya menggunakan satu bahasa pemrograman web dan seorang pekerja IT yang hanya bekerja di perusahaan outsourcing, karena hanya bekerja saja dan tidak berkembang dalam jabatannya. Di dalam outsourcing tidak ada lagi istilah pegawai lagi tetapi tenaga kerja. TK (Tenaga Kerja) outsourcing tidak jauh berbeda dengan tukang kayu, tukang batu, tukang gali tanah, dan lain-lain. 40 tahun kerja jadi tukang kayu, tidak akan pernah jadi pemilik atau susah jadi direktur pabrik kayu. Keuntungan jadi TK outsourcing hanya sebatas dapat kesempatan kerja saja. Padahal bekerja bagi seseorang selain mengandung aspek ekonomi, juga menyangkut aspek sosial, psikologi, dan sebagainya. Oleh karena itu, jangan sampai seorang IT bekerja di perusahaan outsourcing.

Selanjutnya profesi yang masih tetap bertahan di bidang IT menurut saya, profesi IT yang mengembangkan sebuah software terbaru atau inofasi terbaru dalam pengembangannya, misalnya bagian Developer. Lalu IT bagian trainer yang mengajarkan sebuah software yang terus berkembang.

Di bidang IT bisa kemungkinan akan muncul profesi-profesi baru. Nantinya mungkin robot-robot akan mulai bermunculan yang sudah canggih dalam teknloginya. Oleh karena itu, akan ada profesi-profesi IT yang menangani tersebut dalam hal analisis (Robotic Analyst), programer (Robotic Programer) "mungkin sudah ada programer yang menangani robot, saya hanya menamakannya saja", basis data (Robotic Data Base), jaringan (Robotic Network), dan teknisi (Robotic Engineer). Semua itu kemungkinan terjadi, tetapi lihat ke depannya nanti.

Robot




No comments:

Post a Comment