Pages

12/30/09

Masa Depan untuk Sistem Informasi Indonesia

Sebelum membahas e-government, apa sih e-government(e-gov) itu? e-gov adalah penggunaan teknologi informasi untuk mengelola administratsi pemerintahan dan melayani masyrakat. Dah gitu aja pengertian cukup dimengerti, kalo gada yang ngerti ya gapa2 toh... Oya sekarang ini pengelolaan e-gov belum sepenuhnya tercapai di Harian Umum Sore Sinar Harapan tentang opini hari Sabtu, 08 Maret 2003. Dalam penulisannya "Tingkat pertama adalah pemerintah mempublikasikan informasi melalui website. Tingkat kedua adalah interaksi antara masyarakat dan kantor pemerintahan melaui e-mail. Tingkat ketiga adalah masyarakat pengguna dapat melakukan transaksi dengan kantor pemerintahan secara timbal balik. Level terakhir adalah integrasi di seluruh kantor pemerintahan, di mana masyarakat dapat melakukan transaksi dengan seluruh kantor pemerintahan yang telah mempunyai pemakaian data base bersama. Kita baru dapat menggolongkannya sampai tingkat ketiga pada tahun 2003 ini." Nah oleh karena itu nih, kita mesti punya ancang-ancang untuk mendorong pemerintah agar bisa sampai ke tingkat terakhir agar masyarakat ikut berpatisipasi dalam penggunaan e-gov tersebut.

Sebagai contoh nih waktu dahulu belum adanya informasi yang detail buat pariwisata Indonesia. Buktinya aja nih, para turis hanya tau kalo Bali aja sebagai objek wisata terkenal di Indonesia. Tapikan sebenernya banyak banget pariwisata di Indonesia ga hanya Bali aja. Memang pantai yangterkenal ya kuta Bali (ho2... Gue belom kesono loh, ada yang mau ngajak geu kesono ?). Nah begitu dah pemerintah belum sempet kali ya menggenjot para masyarakat biar ikut serta mengenal pariwisata di Indonesia.

Nah lanjut buat pada masa sekarang ini, ini nih dah tahun 2009 dikit lagi dah mau tahun 2010. Pariwisata saat ini dah mulai banyak bermunculan nih di website, jadi dah banyak informasi yang digali buat para turis ikut pengen tau bagaimana objek-objek pariwisata di Indonesia. Tapi belum sepenuhnya informasi yang bisa diambil. Okelahh bro, kita mesti yakini pemerintah buat situs yang baik untuk pariwisata kita.

Yuk kita lanjut untuk masa depan buat pariwasata Indonesia. Seharusnya pemerintah ikut peran serta dalam membuat situs website informasi tentang keberadaan pariwasata apa aja yang ada di Indonesia buat informasi para turis maupun masyarakat tersendiri. Bikin website utama pariwisata Indonesia terpusat, jadi semua informasi objek-objek pariwisata apa aja yang ada di Indonesia semua terangkum dalam satu website. Jadi kan enak toh, mantep toh ga usah lagi ganti ketik url ataupun nyari-nyari di search engine dan lain-lain. Jadi ga kesusahan turis maupun masyarakat kita menggali informasi objek-objek pariwasata dinegara kita.


Copyright © Dwiki Jatikusumo 2009

No comments:

Post a Comment